INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Niat Puasa Arafah Dan Tarwiyah 2019 Berapa Hari Tanggal 9 Dan 8 Bulan Dzulhijjah

Puasa arafah dan tarwiyah ialah rutinits amalan sunnah tahunan yang mempunyai keutamaan sangat istimewa apabila benar-benar di laksanakan oleh umat muslim dengan di sertai hati ikhlas. Serta puasa ini menjadi kesempatan sangat baik bagi orang yang tidak melakukan haji untuk mendapat pahala besar dan luar biasa, sehingga jangan pernah membiarkan tanggal 8 dan 9 bulan dzulhijjah berlalu begitu saja tanpa di isi dengan ibadah puasa sunnah bahkan apabila memungkinkan dapat memulainya dari tanggal 1 satu.

Meskipun termasuk pada puasa sunnah tahunan yang hanya di kerjakan 2 hari, tetapi dalam tata cara serta yang lainnya tidak ada perbedaan sama sekali dengan puasa yang umum di laksanakan, yaitu mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari dengan di awali puasa arafah dan tarwiyah di malam harinya ibarat pada puasa ramadhan. Begitu juga dengan hal-hal yang dapat membatalkan puasa syarat dan rukunnya.

Memang kalau kita dapat mengkaji lebih dalam seputar kebaikan hari-hari sebelum idul adha, ternyata sepuluh hari pertama pada bulan dzulhijjah mempunyai keistimewaan yang begitu luar biasa serta menjadi momen sangat baik untuk melakukan banyak sekali ibadah sunnah ibarat halnya puasa. Pernyataan tersebut eksklusif tercantum dalam sebuah hadits shahih yang artinya ialah sebagai berikut.


"Rasulullah SAW bersabda: Tidak ada pekerjaan yang lebih disukai oleh Allah SWT, dari pada perbuatan baik yang dilaksanakan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Para sobat bertanya: Ya Rasulallah, walaupun jihad di jalan Allah? Rasulullah bersabda: Walau jihad pada jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian tidak kembali selama-lamanya atau menjadi syahid.(HR Bukhari)"

Menurut hadis lain, bahwa barang siapa yang dapat melakukan ibadah puasa arafah maka dosa dua tahun yang telah kemudian dan akan tiba di hapukan oleh allah swt. Ini tertera dalam hadits riwayat musim. Sedangkan untuk puasa tarwiyahnya yaitu tanggal 8 dzulhijjah akan menghapuskan dosa satu tahun, ada yang menyampaikan hadits ini dhaif atau kurang berpengaruh periwayatnya, namun para ulama setuju boleh melakukan hadits dhaif fadla'ilul a’mal (untuk memperoleh keutamaan) dan yang lainnya.

Dalam pelaksanaan puasa sunnah ibarat halnya arafah dan tarwiyah, ada banyak hal fundamental yang wajib di patuhi untuk mencapai kesukesan pada ibadah tersebut di antara salah satu yang tidka boleh di tinggalkan ialah membacakan atau menghadirkan niat sebelum masuk pada waktu puasa baik itu di bacakannya dikala sahur atau dapat lebih awal di malam harinya. Untuk bacaan lengkapnya dapat eksklusif cermati di bawah ini.

Niat Puasa Arafah

نويت صوم عرفة سنة لله تعالى

Nawaitu Shauma Arafah SUnnatan Lillahi Ta'alaa

Artinya : Aku Sengaja Berniat Puasa Arafah, Sunnah Karena Allah Ta'alaa.

Niat Puasa Tarwiyah

نويت صوم ترويه سنة لله تعالى

Nawaiu Shauma Tarwiyah Sunnatan Lillahi Ta'alaa

Artinya : Aku Sengaja Berniat Puasa tarwiyah, Sunnah Karena Allah Ta'alaa.

Mari kita sama-sama isi awal bulan dzulhijjah ini dengan amalan kebaikan terutama melakukan puasa sunnah sepuluh hari pertama. Silahkan hafal dan pelajari semua yang berkaitan dengan pengertian tata cara niat puasa arafah dan tarwiyah 2019 berapa hari tanggal 9 Dan 8 bulan dzulhijjah asyura, buka puasa, lafadz, dan asyura, hari pertama dan kedua, tasu'a, idul fitri, dan artinya dalam bahasa arab, puasa idul adha berapa hari dan lain sebagainya.

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel